Sub Berita

Friday, December 7, 2012

Kampus BSI Ajarkan CS3 untuk Broadcaster Pemula


Eka Maryani - Teknologi

CS3 adalah tingkatan atau standard program untuk aplikasi design seperti adobe premiere, adobe photoshop dll. Tingkat CS ditentukan dari applikasi yang ada seperti contohnya adobe premiere hanya sampai CS6 jadi tidak semua applikasi memiliki tingkat CS yang sama. Aplikasi yang dipakai di kampus BSI terdiri dari adobe photoshop CS3, adobe premiere CS3, dan adobe flash. After effect dan 3D Max juga digunakan untuk editing video, namun aplikasi yang dipelajari di kampus BSI hanya yang 3D Max saja, sementara untuk After effect hanya dasar pengenalan saja. Untuk 3D akan dipelajari di semester 5, untuk semester 4 akan dipelajari mengenai design grafis.

CS3 digunakan tergantung pada space computer yang ada karena jika space computer yang tidak sebanding dengan CS yang digunakan akan dapat merusak system jaringan computer itu sendiri. CS3 baru tahun 2012 ini mulai dipelajari di kampus BSI, karena sebelumnya menggunakan adobe  premiere 6,5. “Untuk semester sebelumnya belum dibahas mengenai CS3, sementara untuk semester ini, kampus BSI sudah membahas tentang CS3, setiap software tidak memiliki tingkat kesulitan khusus karena dilihat dari perkembangannya hanya bisa ketawan dari tambahan menu atau tampilannya, sementara untuk fungsi dari tools-nya masih sama,’ ujar Dwi Listiani, asisten lab editing kampus BSI.


“kalau CS3 itu untuk pemula, karena kalau orang-orang yang pro sudah nggak pakai CS3 lagi. kalau menurut perkembangan jaman sekarang orang sudah pakai Final Cut Pro, sudah pakai Avid, lebih ke tv-tv sekarang pakai Avid, paling rendah pakai premiere pro, premiere CS3, premiere CS4, premiere CS5,"ujar Dewi, salah satu mahasiswa lulusan jurusan Akademi Komunikasi dari kampus BSI. Kemungkinan aplikasi yang digunakan di kampus BSI khususnya untuk editing video akan ditingkatkan lagi sesuai dengan perkembangan jaman, namun belum dapat dipastikan kapan perubahannya.

No comments:

Post a Comment